Monday 22 February 2010

Resiko Membongkar Sendiri Blackberry

Apakah bisa jika ingin membongkar sendiri BB untuk trackball Bold ? Apa saja peralatan yang diperlukan untuk membongkar ? Resiko apa yang dihadapi paling parah ?


Untuk melakukan perbaikan sendiri memang dibutuhkan sebuah keahlian tersendiri terutama pengetahuan tentang cara membuka dan bagian-bagian apa saja yang terdapat di dalamnya. Terutama untuk perangkat BB yang seri baru harus diperhatikan tempat-tempat kunci sehingga tidak sampai patah dan merusak rumah bodi perangkat tersebut. Seri Bold memang harus bongkar casing untuk membersihkan trackball-nya. Sebenarnya peralatan yang diperlukan tidak banyak, hanya berbekal kunci T5 dan pick untuk cungkil casing. Namun perlu konsentrasi agar apada waktu melepas dan memasang tidak salah dan dapat terpasang dengan benar dan rapi. Resiko paling berat mungkin sama seperti handheld telpon genggam lainnya, yaitu mati total. Tapi kondisi tersebut tentu punya syarat antara lain menyentuh bagian komponen vital seperti IC hingga menyebabkan rusak kaki-kakinya, terdapat medan magnet yang kuat ketika melakukan kontak terhadap perangkat, terkena air, logam atau material yang bersifat konektor pada mainboard.
Hal tersebut harus dihindari agar tidak terjadi arus pendek pada mainboard. Jika casing sudah dapat terbuka maka tinggal bersihkan trackball dengan kuas kecil.




No comments:

Post a Comment