Friday 10 September 2010

Tips Menemukan Niche Market.

Tips Menemukan Niche Market. Niche market adalah kelompok dalam lingkungan terbatas namun memiliki kebutuhan, fanatisme atau ketertarikan pada bidang yang sama. Niche market dapat diibaratkan memancing ikan dalam kolam kecil namun penuh dengan ikan-ikan yang lapar dan kita memancing dengan umpan yang kita punya.

Mass market, di sisi lain diumpamakan sebuah danau yang luas yang terisi dengan macam-macam ikan, besar dan kecil. Pemancing tentu mengharapkan akan mendapat ikan yang besar namun ia menggunakan umpan yang terbatas dan hanya disukai beberapa ikan saja atau malah tidak ada satu ikan pun yang menyinggahinya. Pesaingnya mungkin ada yang menggunakan perahu dan jaring yang besar sehingga bukan tandingan bagi mereka.

Sebelumnya saya paling favorit makan kentang goreng tapi seberapa saya menyukai kentang goreng tersebut saya tidak menggunakannya sebagai umpan untuk memancing ikan. Dengan demikian kita dapat cara mengetahui niche market yang merupakan pondasi dasar dalam menjalankan bisnis online.

Anda akan sulit menentukan target yang jelas yang bisa jadi sasaran di Mass Marketing. Jika Anda adalah pemula yang ada dalam tahap sekedar mencoba pasar dan mengadu untung atau jika berencana menggunakan Adsense sebagai tujuan mencari keuntungan. Menemukan target di jalur "Mass Market" membutuhkan budget iklan yang besar dan biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan besar dan mapan.


Saya sangat merekomendasikan untuk niche market yang masih sedikit pesaingnya tetapi banyak dicari atau sering kali disebut dengan hot market.

2 comments:

  1. Niche market yang ngetrend biasanya banyak saingan,, jadi kita harus pintar2 milihnya :)

    ReplyDelete