Tuesday 9 March 2010

KECANDUAN

Kecanduan adalah sifat ketergantungan terhadap sesuatu atau seseorang untuk menutupi suatu kebutuhan atau kekurangan dalam hidup. Kecanduan merupakan kebiasaan buruk yang sifatnya mengikat. Suatu contoh kecanduan pada umumnya adalah rokok, obat bius, obat tidur, alkohol, dan judi. Tetapi, ada banyak juga jenis kecanduan yang tersembunyi dan sering kali tidak disadari. Misalnya : belanja (shopping), bekerja sampai lupa waktu, relationship, makan, atau televisi.

Biasanya kecanduan itu terjadi karena adanya ketakutan atau keseganan untuk menghadapi realita hidup yang terjadi. Mungkin ada bagian dari hidup yang tidak disukai dan sebagai pelampiasannya adalah mencari "obat" untuk menutupi kekurangan itu. Biasanya, jika ingin melupakan kekurangan yang menyakitkan itu adalah dengan sesuatu yang menyenangkan. Pertama kali menggunakan "obat" itu pasti akan merasa nyaman, maka dilanjutkan untuk yang kedua kali dan seterusnya sehingga merasa tidak dapat lagi hidup tanpa "obat" itu.


Bila ada pola kecanduan dalam suatu tindakan, maka perlu ada suatu pertanyaan, "obat itu mempresentasikan apa dalam hidup kok bisa membuat rasa ketergantungan terhadap "obat" itu muncul? Temukan kebutuhan atau akar dari masalah daripada menutupinya dengan "obat" yang salah. Bila mengalami kesulitan untuk menemukan akar masalahnya, maka perlu mencari pertolongan dari orang yang profesional dalam bidang ini.




No comments:

Post a Comment