Wednesday 31 March 2010

Kelainan Seksual Pedofilia. Dari Michael Jackson Hingga Babe.

Sebelum Babe, ada nama besar yang pernah dikaitkan dengan Pedofilia, yaitu Michael Jackson. Beberapa kali Michael Jackson diganjar dengan tuduhan telah berbuat tidak senonoh pada anak laki-laki. Ironisnya, dengan peristiwa Robot Gedek, terakhir Babe, pedofilia telah memasuki wilayah kriminal karena adanya unsur pemaksaan tindak seksual bahkan pembunuhan terhadap anak-anak di bawah usia. Benarkah ini masalah yang begitu dekat ?

Apa makna dari Pedofilia ?
Pedofilia berasal dari bahasa Yunani, Pedo yang berarti kecil dan Phile yang berarti dorongan yang kuat atau cinta. Pedofilia merupakan salah satu dari bentuk penyimpangan seksual yang disebut dengan parafilia.


Berbeda dengan cinta pada umumnya, cinta pada hal ini merupakan cinta yang patologis atau kelainan, bukan cinta yang alami. Oleh karena itu, penderita pedofilia dikelompokkan pada penyakit gangguan mental., karena ada cinta yang tidak masuk akal dan aneh karena melibatkan orang dewasa yang mengarah kepada hubungan seksual kepada seorang anak, dengan cara yang tidak lazim.

Asosiasi Psikiatri Amerika dalam buku Diagnostic and Statistical Manual Disorders 4th Edition menyebutkan bahwa diagnosis pedofil dapat ditegakkan dengan tiga kriteria, yaitu :
1. Selama masa sedikitnya enam bulan terjadi rangsangan, dorongan yang berulang-ulang untuk melakukan seks dengan anak-anak (umumnya berusia 13 tahun atau lebih muda).
2. Seorang yang berbuat atas dasar dorongan seksual ini atau dorongan ini menimbulkan tekanan atau gangguan kepribadian interpersonal.
3. Berusia sedikitnya 16 tahun atau setidaknya lima tahun lebih tua daripada anak pada kriteria 1.

Ciri-Ciri dari Pedofilia :
Pedofilia dikelompokkan menjadi dua kategori, yakni pedofilia aktif dan pedofilia pasif. Golongan pedofilia aktif biasanya yang berperan untuk melakukan pada seorang anak adalah orang dewasa, dengan cara meraba-raba, bahkan sampai melakukan masturbasi. Pada golongan pedofilia pasif, orang dewasa yang cenderung untuk dia dan anak yang lebih aktif bergerak mengikuti keinginan orang dewasa. Selain dikelompokkan menjadi pedofilia aktif dan pasif, pedofilia terbagi atas penyuka anak perempuan dan ada juga penyuka anak laki-laki.

1 comment: