Thursday 1 April 2010

Pertolongan Pertama Pada Sesak Napas.

Apapun penyebabnya, sesak napas harus segara ditangani oleh tenaga kesehatan. Jadi pada prinsipnya, segeralah cari bantuan. Sambil menunggu pertolongan atau sebelum sampai ke rumah sakit, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sendiri untuk membantu jika ada orang terdekat Anda menderita sesak napas. Berikut beberapa tips untuk pertolongan pertama pada sesak napas :

1. Pastikan jalan napas tidak tersumbat. Jangan lupa , sesak napas mendadak juga bisa disebabkan oleh sumbatan jalan napas seperti pada saat tersedak. Jika hal itu terjadi, segera lakukan manuver Heimlich.

2. Longgarkan pakaian saat sesak.

3. Jaga posisi tubuh sebaik mungkin agar tidak sampai menutup jalan napas. Jika penderita sesak masih sadar, maka secara otomatis ia akan mencari posisi yang nyaman untuk bernapas. Misalnya pada pasien sakit jantung, maka ia akan lebih lega bernapas pada posisi setengah duduk. Namun jika ia tidak sadar, posisi leher sebaiknya dalam keadaan ekstensi, agar jalan napas tidak tertekuk.


4. Hindari memberi minum atau makan. Jangan memberi minum atau makan jika penderita tidak sadar atau terlihat sangat sesak. Bila tidak terlalu sesak, bisa diberikan minum secara perlahan.

5. Bantu penderita menggunakan inhaler atau obat pelega pada kasus serangan asma.

4 comments:

  1. owwhh..sesak nafas yah..

    makasi yaa :)

    tadi kiraiinnya itu oran9 pin9san he he

    ReplyDelete
  2. Info menarik nih, terkadang aq juga mengalaminya,,, mungkin gen dari bapak aq,,,
    Slaam kenal juga sob!

    ReplyDelete
  3. makasih yaw mas
    udah di share
    yg jelas jgn panik kali yaw,,,
    :D

    ReplyDelete
  4. iya bener banget
    harus dilonggarkan bajuna biar ga sesak napaz
    :D

    ReplyDelete