Friday 23 April 2010

Upin dan Ipin Buatan Indonesia.

Beberapa waktu lalu, bangsa Indonesia heboh ketika melihat satu per satu budaya bangsa diklaim oleh negara tetangga, Malaysia. Energi terkuras untuk mempersoalkan hal itu. Namun sayang, setelah hiruk-pikuk "rebutan" budaya tersebut usai, semangat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya bangsa itu surut.

Akhir-akhir ini ada salah satu film kartun dari Malaysia yang sangat digandrungi oleh anak-anak bangsa Indonesia, yaitu Upin dan Ipin. Film anak adalah salah satu alat yang sangat efektif untuk "mencecoki" generasi awal tentang budaya bangsa.

Upin dan Ipin menjadi alat yang sangat efektif untuk memperkenalkan budaya Malaysia kepada anak-anak Indonesia. Maka, jangan heran jika anak-anak Indonesia sering berteriak "Selamat pagi, Cik Gu" dan berkata "Betul,betul,betul", perkataan khas Upin dan Ipin dalam filmnya. Lalu, kapan bangsa Indonesia bisa melihat Upin dan Ipin buatan sendiri?

3 comments:

  1. ntahlah.. indonesia lebih sibuk ngurusin hal-hal g penting lainnya (gosip,korupsi,dsb) daripada riset teknologi..capee dehh

    ReplyDelete
  2. dulu Indonesia sudah pernah punya si - unyil, kini saatnya Indonesia bangkit dan kembali kreatif , jangan kreatif korupsi aja

    ReplyDelete
  3. Hehehe... kita sudah kreatif kok... :)

    ReplyDelete