Monday 15 March 2010

Say "NO"....!!!

Dalam hidup, kita perlu belajar untuk berkata "no" (tidak). Tidak semua tawaran yang ada di depan kita itu baik dan harus kita terima. Banyak orang merasa sungkan atau takut untuk menolak tawaran orang lain, dan akibatnya ia menerima tawaran tersebut walaupun ia tidak setuju. Perasaan sungkan ini biasanya berasal dari kebutuhan ingin diterima dan ketakutan untuk ditolak.

Bagaimana agar kita dapat berkata "tidak" ?

1. Selidiki apakah tawaran itu masuk akal atau tidak masuk akal (reasonable or unreasonable). Bila tawaran tersebut tidak masuk akal, maka kita perlu segera menolaknya.

2. Ingatlah bahwa kita memiliki hak untuk mencari lebih banyak informasi. Ajukanlah pertanyaan. Kumpulkanlah semua fakta sehingga kita menjadi lebih jelas dengan tawaran yang ada. Bila kita ragu-ragu, mungkin ini adalah tanda bahwa kita perlu berkata "tidak".

3. Kita perlu berkata "tidak" dengan tenang dan mantap. Ketimbang memberikan bermacam-macam alasan, berilah penjelasan yang singkat. Bila ia tidak dapat menerima penjelasan kita, ia tidak akan menerima segala macam alasan. Mempraktekkan hak kita untuk menolak akan mendatangkan "respect" dari diri sendiri dan orang lain.


4. Katakan "tidak" tanpa permintaan maaf. Bila kita berkata," Maaf, tetapi.....", maka kita memberi kesempatan kepada orang itu untuk membuat kita merasa bersalah.



9 comments:

  1. pertamaxx..

    tips yg bagus.. tp pasti bakal sulit dilakukan.. krn mgkn lebih melihat situasi dan kondisi yg lebih menguntungkan.. :))

    ReplyDelete
  2. oh, jadi kata maaf itu gag boleh dilakukan ya? jadi ngerti saia :P

    ReplyDelete
  3. salam sobat
    wah iya lama ngga berkunjung nich,,
    selidiki dulu ya,,agar bisa berkata "tidak"

    ReplyDelete
  4. blogwalking....

    TIDAK!!!!

    /me belajar untuk berkata 'TIDAK!!!' :)


    salam sayank....

    ReplyDelete
  5. tidak utk hal² negatif hehehe..
    kunjungan sore...apakabar kawan?


    salam, ^_^

    ReplyDelete
  6. salam sobat
    berkunjung lagi
    melihat post "say no"

    ReplyDelete
  7. tengok Kondisi juga nich mas

    ReplyDelete
  8. semenjak kerja di jurnalistik, akhirnya diriku mulai bisa mengatakan tidak :D

    ReplyDelete